Bawaslu Kuansing Kembali Lakukan Terobosan Untuk Tingkat Pilkada 2024

TELUK KUANTAN, Oketime.com  - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) kembali melakukan terobosan untuk meningkatkan pengawasan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Kali ini, melalui program Bawaslu Goes To Campus, Bawaslu Kuansing mengajak mahasiswa Universitas Islam Kuantan Singingi (UNIKS) untuk berperan aktif dalam pengawasan partisipatif.

Kegiatan ini dilaksanakan, Jumat (4/10/2024) di Aula Kampus UNIKS dan dihadiri oleh 100 mahasiswa dari Fakultas Ilmu Sosial serta para dosen. Dalam sambutannya, Anggota Bawaslu Kuansing, Nur Afni, menyampaikan bahwa mahasiswa memiliki peran penting dalam menjaga integritas proses pemilihan.

"Mahasiswa sebagai agen perubahan harus mampu menjadi pengawas partisipatif dalam setiap tahapan Pemilu dan Pemilihan. Untuk itu, kita memberikan bekal pengetahuan kepada mahasiswa terkait pengawasan agar mereka bisa berperan aktif dalam mencegah dan mengawasi setiap proses pemilihan," ujar Nur Afni.

Dalam acara tersebut, turut hadir Kapolres Kuantan Singingi, Kajari Kuantan Singingi, serta dosen hukum pidana UNIKS sebagai narasumber. Mereka memberikan pemahaman mendalam mengenai pentingnya keterlibatan masyarakat, khususnya mahasiswa, dalam menjaga jalannya pemilihan yang bersih dan adil. Selain itu, masyarakat juga diajak untuk melaporkan segala bentuk pelanggaran yang terjadi selama tahapan Pilkada berlangsung.

Bawaslu Kuansing menyadari adanya keterbatasan jumlah personel di tingkat kecamatan, desa, dan Tempat Pemungutan Suara (TPS). Oleh sebab itu, pengawasan berbasis partisipasi masyarakat, khususnya mahasiswa, menjadi sangat penting dalam menciptakan pemilihan yang demokratis dan berintegritas.

"Partisipasi mahasiswa dalam pengawasan Pilkada sangat diharapkan untuk membantu mencegah adanya kecurangan, manipulasi, atau rekayasa yang dapat merugikan kepentingan masyarakat luas," tambahnya.

"Program ini merupakan salah satu upaya Bawaslu Kuansing dalam meningkatkan kesadaran politik di kalangan generasi muda serta memperkuat kualitas demokrasi di Kabupaten Kuansing," sambungnya.**

Sumber: Cakaplah.com